Manajemen Berbasis Sekolah, Rombel D - 2024


IDENTITAS MATA KULIAH 
Manajemen Berbasis Data, 2024, 
MKKL819, Reg 1 Rombel D, Semester III

Learning Management System

DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 3 SKS yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang pengelolaan sekolah secara mandiri, efektif, dan berbasis data. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari teori-teori kepemimpinan, strategi pengambilan keputusan, serta langkah-langkah perencanaan berbasis data untuk peningkatan mutu sekolah.

Mahasiswa akan dilatih untuk (1) Menganalisis (C4) masalah di lingkungan sekolah dan menyusun solusi inovatif, (2) Merancang (C6) strategi perencanaan berbasis data menggunakan alat seperti ARKAS dan rapor sekolah, (3) Mengelola (C5) konflik di sekolah dengan pendekatan segitiga restitusi, (4) Menerapkan (C5) teori kepemimpinan dan kontrol dalam pengambilan keputusan partisipatif. 

Metode pembelajaran meliputi kuliah tatap muka, diskusi kelompok, studi kasus, dan proyek berbasis data (Project Based Learning). Penilaian mencakup evaluasi formatif melalui praktik dan unjuk kerja, serta evaluasi sumatif berupa presentasi dan proyek perencanaan mutu sekolah berbasis data. Referensi utama: Moosung Lee & Christopher Day (2016). School Leadership and Education Quality.



TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat (1) Memahami prinsip dasar Manajemen Berbasis Sekolah, (2) Mengidentifikasi masalah-masalah yang umum terjadi di sekolah dan memberikan solusi yang relevan, (3) Merancang strategi peningkatan mutu sekolah melalui pendekatan perencanaan berbasis data, (4) Memahami proses pengambilan keputusan di lingkungan sekolah yang melibatkan berbagai pihak, termasuk guru, siswa, dan masyarakat.