Penilaian summative adalah sebuah penilaian dengan peranan penting dalam mengevaluasi capaian tujuan pembelajaran. Alat digital yang dapat memfasilitasi kegiatan tersebut menjadi sangat krusial dan sangat dibutuhkan selama pembelajaran jarak jauh ataupun blended learning. Kali ini saya akan mengenalkan sebuah aplikasi/website yang digunakan untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang lebih kredibel dan efektif dibandingkan google form yang selama ini para guru gunakan.
Aplikasi tersebut adalah ClassMarker, ClassMarker adalah solusi pengujian berbasis web pilihan bagi guru untuk membuat tes dan kuis online. Platform ini memungkinkan guru untuk mengukur kemampuan siswa berapa kali, menetapkan batas waktu untuk bekerja, memesan pertanyaan, kunci jawaban, dan melakukan penilaian otomatis. Guru juga dapat membuat password yang dapat diberikan kepada siswa untuk mengakses soal dan melihat skor yang diperoleh, persentase skor yang benar dan salah, dan pengaturan-pengaturan lainnya.
Saya telah menggunakan ClassMarker beberapa kali untuk kegiatan pembelajaran di kelas. Secara umum, versi gratis dari platform ini sangat kuat dan cukup memuaskan untuk mengakomodir kepentingan para guru. Pertama kali digunakan dan setting awal aplikasi cukup komplek untuk sebagian para guru, tetapi aplikasi tersebut tetap bisa digunakan oleh para guru setelah mempelajari nya secara otodidaks..
PERSIAPAN
- Guru pergi ke www.classmarker.com
- Klik Daftar Gratis dan pilih Admin. "Untuk tujuan pendidikan, daftar di sini untuk membuat tes."
- Silahkan isi form yang harus anda isi sampai proses pendaftaran selesai.
- Konfirmasi pendaftaran Anda melalui email aktif yang Anda masukkan sebelumnya.
- Langkah selanjutnya adalah membuat grup. Anda bisa mengganti nama grup dengan nama kelas yang diajar.
- Ada dua cara untuk mendaftarkan siswa sebagai grup/anggota kelas: memasukkan alamat email siswa satu per satu, atau memasukkan ID pengguna dan kata sandi siswa (pendaftaran mandiri).
- Langkah selanjutnya adalah membuat tes. Pilih jenis pertanyaan yang diinginkan dari opsi yang tersedia.
- Setelah semua pertanyaan diajukan, guru dapat memutuskan kapan tes dapat diambil, durasi tes, berapa kali siswa dapat login dan mengikuti tes, dan sebagainya.
- Tes dapat diberikan kepada siswa dengan dua cara: "Tugaskan Grup" atau "Buat Tautan". Untuk penggunaan sehari-hari, sebaiknya gunakan opsi pertama.
KEGIATAN DI KELAS
- Siswa pergi ke www.classmarker.com.
- Klik Pendaftaran Gratis dan pilih Kandidat.
- Siswa memasukkan kode pendaftaran yang sebelumnya mereka terima dari guru mereka dan mengisi formulir pendaftaran.
- Siswa akan menyelesaikan tes dalam waktu yang ditentukan. Siswa dapat melihat nilai yang diperoleh setelah menyelesaikan tes/ujian.
VARIASI KEGIATAN.
- ClassMarker dapat digunakan untuk aktivitas formatif dan menggunakan pengaturan Access untuk memungkinkan siswa mengambil beberapa tes.
KEUNTUNGAN
- Guru tidak perlu menilai secara langsung, terutama untuk soal pilihan ganda.
- Ada banyak jenis pilihan pertanyaan yang tersedia.
- Guru dapat menentukan jam kerja.
- Pertanyaan dapat di acak.
- Setiap mahasiswa diberikan user ID dan password yang berbeda untuk menjaga kerahasiaan.
- Nilai ditampilkan segera setelah tes / pemeriksaan selesai.
- Versi gratisnya menawarkan 100 tes sebulan.
KEKURANGAN
- Pengaturan awal penggunaan platform sangat kompleks sehingga siswa harus terlebih dahulu mencoba dan mempraktikkan pengaturan sebelum mengujinya.
- Beberapa fitur terbatas pada versi gratis.
- Gambar tidak dapat digunakan untuk pertanyaan atau umpan balik kepada siswa.
- Untuk jenis pertanyaan tertentu, misalnya: Matchmaking, Anda perlu melakukannya secara manual.
Situs web: www.classmarker.com