Penerjemahan KI dan KD dalam K13


Tuntutan kurikulum dalam bagi pendidikan tertuang dengan sangat jelas didalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Meskipun demikian, sering terjadi ketidak sesuaian pembelajaran dengan tuntutan kurikulum tersebut. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal ini, dan salah satu penyebab nya adalah kemampuan guru dalam menerjemahkan Kompetensi Dasar yang sudah disiapkan oleh pemerintah. 
Bahasa pada KI dan KD dalam K13 sangat segemented, sehingga sulit untuk dipahami oleh para calon guru dan guru yang belum terbiasa dengan terminology tersebut. Hal ini menyebabkan guru yang menjadi ujung tombak pendidikan salah paham dalam menerjemahkan Kompetentsi Inti dan Kompetensi Dasar tersebut kedalam pembelajaran yang dilaksanakan. Sehingga banyak terjadi situasi dimana guru mengajar tidak sesuai dengan standard (baca:kurikulum) yang diberikan oleh pemerintah.

Sebagai calon pendidik, penting bagi kita untuk mampu memahami beberapa terminology yang ada pada KI dan KD yang diberikan oleh pemerintah, guna untuk memastikan bahwa materi yang di ajarkan sesuai dengan tuntutan kurikulum yang ada pada satuan pendidikan tersebut. Karena ini menjadi kunci utama bagi seorang guru untuk memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan tuntutan pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud No.24 Tahun 2018 tentang KI dan KD Mata Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Pada kesempatan ini marilah kita melihat satu contoh KD pada Mapel Bahasa Inggris dan cara menerjemahkannya kedalam pembelajaran pada satuan pendidikan yang di ampu. Berikut adalah contoh KD 3 dan KD 4 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI.


Penomoran KD 3.2. ini bermakna bahwas KI 3 dan KD no 2, begitu juga dengan 4.2 dimana itu bermakna bahwa KD tersebut merupakan turunan dari KI 4 yang bernomor 2. Penomoran ini berlaku pada semua satuan pembelajaran dan setiap KD dan KI nya untuk memudahkan para guru melihat dan mencari KI dan KD yang terdapat pada permendikbud tersebut.

Berikut adalah cara menerjemahkan nya.
1. Menerapkan Fungsi Sosial (Perlu diajarkan fungsi sosial atau fungsi nya pada kehidupan sehari-hari)
2. Menerapkan Struktur Teks (Perlu di ajarkan cara membuat nya)
3. Unsur Kebahasaan (Perlu dijelaskan unsur kebahasaan yang terkait dalam topik)
4. Teks Interaksi Transaksional Lisan dan Tulis (Teks Interaksi seperti Conversation baik dalam bentuk tulisan maupun lisan)
5. Memberi dan meminta infromasi terkait pikiran (Ini adalah topik pembelaajarannya yaitu asking and giving opinion)

Sehingga dapat disimpulkan bahwa
1. Materi yang diajarkan adalah "Asking and Giving Opinion)
2. Penjelasannya Meliputi (Social Function, Generic Structure, dan Language Feature)
3. Kompetensi yang di ajarkan adalah "Speaking dan Writing"


Thank you.




Previous Post Next Post