Pada komponen UKPPPG Guru Tertentu ada yang disebut penilaian studi kasus yang menjadi bagian dari Ujian Tertulis. Ujian Tertulis ini terbagi kepada Tes Objektif yang merupakan Tes Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Tes Situational Judgement Test (SJT). Berikut adalah penjelasanya.
1) Tes Pedagogical Content Knowledge (PCK), terdiri dari 35 soal pilihan ganda (sederhana dan kompleks) yang mengukur penguasaan materi dan strategi pembelajaran.
2) Tes Situational Judgement Test (SJT), terdiri dari 30 soal pilihan ganda berbobot (dengan rentang nilai 1-5) yang menilai kemampuan guru dalam mengambil keputusan berdasarkan konteks pembelajaran.
3) Waktu pengerjaan selama 120 menit.
Sedangkan studi kasus merupakan bagian dari tes Subjektif di UKPPG ini, Berikut adalah keterangannya.
1) Tes subjektif bagi guru tertentu dilakukan dalam bentuk tes uraian reflektif, disajikan dalam 1 butir soal studi kasus terkait pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Tes ini untuk mengukur kompetensi dalam melakukan refleksi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik, terkait: (1) mengidentifikasi masalah yang pernah dihadapi, (2) upaya mengatasi masalah yang dihadapi, (3) hasil dari upaya yang dilakukan, dan (4) pengalaman berharga yang bisa digunakan untuk meningkatkan diri dalam melaksanakan tugas keprofesian guru.
2) Tes subjektif merupakan subtes kedua dalam pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dikerjakan langsung dalam aplikasi ujian pada saat pelaksanaan UTBK dengan durasi waktu pengerjaan 30 menit pada akhisubtes setelah Tes Objektif selesai.
3) Tes subjektif akan dinilai oleh penguji UKin pada saat periode penilaian dokumen Ujian Kinerja.
- Sebelum ujian silahkan pikirkan beberapa buah kondisi didalam kelas sebagai alternatif kasus. Contoh bagaimana jika nilai siswa rendah, bagaimana pembelajaran dilaksanakan saat kondisi kelas tidak layak, dll.
- Kemudian tentukan penyebab atau permasalahan nya pada pembelajaran. contoh jika kondisi kelas tidak layak maka siswa akan kesulitan untuk memvisualisasikan konsep yang diajarkan, dll.
- selanjutnya tentukan penyebab masalahnya. apakah itu dari internal atau dari faktor eksternal.
- selanjutnya gunakan alternatif yang paling bagus digunakan untuk mengatasi sumber masalah tersebut. jika tidak memungkinkan karena itu adalah faktor eksternal, maka silahkan cari alternatif yang lain yang mempunyai kegunaan yang sama.
- refleksikan pengalaman tersebut dan kemudian ditulis didalam satu atau dua paragraph.